Friday, October 18, 2013

16 PESERTA IKUTI FESTIVAL RENDANG

Ny. En Yuswir Arifin Melakukan Penyalaan Api
Sebanyak 16 tim yang berasal dari utusan delapan kecamatan di Kabupaten Sijunjung mengikuti festival rendang yang digelar Dinas Pariwisata, Seni Budaya, Pemuda dan Olahraga (Parsenibudpora) Kabupaten Sijunjung.
Festival yang dibuka secara resmi oleh Ketua Dekranasda Sijunjung, Ny.Hj.En Yuswir Arifin dilaksanakan di Perkampungan Adat Nagari Sijunjung Kecamatan Sijunjung, Rabu (16/10).
Ketua Dekrenasda, Ny.En Yuswir Arifin menyambut baik festival rendang yang digelar Dinas Parsenibudpora.”Kami atas nama Dekranasda menyambut baik festival rendang di helat Dinas Parsenibudpora,” puji En Yuswir Arifin dihadapan peserta dan kepala SKPD terkait.
Dikatakan, festival rendang ini bukan sekedar kegiatan lomba memasak melain untuk mengali potensi dan mencari kuliner rendang yang paling spesifik.Soalnya, dari 16 tim peserta yang berasal dari delapan kecamatan di kabupaten ini, tentu memiliki ciri khas kuliner rendang.
“Dalam festival ini, kita mengali dan mencari kuliner rendang yang paling spesifik.Mana yang spesifik akan kita jadikan icon Sijunjung,” ucap ketua Dekranasda Sijunjung.
Senada dengan Ketua Dekranasda, Kepala Dinas Parsenibudpora, Aprizal menyebutkan, festival rendang ini merupakan ajang untuk mencari utusan kabupaten pada festival rendang tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan berlangsung 18 – 21 Oktober mendatang.
Selain mencari duta kabupaten pada ajang festival tingkat provinsi, sambung Aprizal, festival rendang ini juga untuk melestarikan karya warisan budaya kuliner ditengah menjamurnya masakan cepat saji.
“Kita tidak ingin kuliner rendang yang merupakan warisan budaya dilupakan ditengah menjamurnya makanan cepat saji,” tuturnya.
Tim penilai yang diketuai Ny.Yet Bakri dengan anggota Ny.Fitri Sugeng Riyadi dan Mifta menyebutkan, kriteria penilaian antara lain, komposisi bumbu, prosesi pembuatan, higenis, rasa dan penyajian.
Sebelum festival rendang dimulai, peserta sudah mempersiapkan bumbu dan daging yang akan dimasak.Agar terlihat menarik, peserta tampil dengan pakaian seragam dari setiap kecamatan.-zet.sijunjung.go.id

No comments:

Post a Comment