Saturday, March 15, 2014

MASYARAKAT SIJUNJUNG RESAH AKIBAT KABUT ASAP


Masyarakat kabupaten Sijunjung saat ini mulai resah akibat kabut asap semakin pekat, dikhawatirkan rakyat akan menderita penyakit sesak saluran pernapasan (ISPA) karena Ranah Lansek Manih belum ada penetapan status kabut asap.
Kabut asap diduga karena Sijunjung berbatasan langsung dengan provinsi Riau, semenjak Sabtu (8/3/2014) sinar mata hari tidak terlihat lagi sehingga kota Muaro Sijunjung agak gelap gulita jarak pandangan terlalu dekat.
Jarak pandang di jalan Lintas Sumatra menurun drastis, kepada pengguna jalan harus berhati-hati karena jarak pandang sangat terbatas, setiap kendaraan harus menyalakan lampu disiang hari agar bisa menentukan kendaraan yang sedang jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika kabupaten Sijunjung Ramler berharap dengan tebalnya kabut asap di Ranah Sijunjung seluruh pemakai jasa transportasi dengan bermacam jenis harus berhati hati, selain itu kabut asap bisa menimbulkan bermacam jenis penyakit.
Kepada masyarakat Sijunjung yang memakai kendaraan roda dua agar selalu memakai masker,begitu juga warga yang sering memakai sepeda juga memakai masker dalam upaya mencegah kesehatan.
Menurut warga kota Muaro Sijunjung Ahmad mengatakan, Ranah Sijunjung tetap kabut asap menyelimuti daerah ini, bisa diprediksi akan banyak warga yang terganggu kesehatanya terutama penyakit ISPA, selain itu seluruh warga agar dikurangi beraktifitas di luar rumah.
Meskipun kabupaten Sijunjung belum masuk kedalam level berbahaya, namun masyarakat selalu berhati hati, kesehatan harus dipelihara dengan baik, perbanyak meminum air putih dalam upaya menjaga kondisi tubuh agar selalu stabil.

No comments:

Post a Comment